Copyright © Fresh Mind, Fresh Idea
Design by Dzignine
Rabu, 15 Agustus 2012

Si Dekil dan Pengamen

Siang tadi, pas lagi naik angkot sama nyokap tiba-tiba naik seorang anak muda dengan gaya campuran preman+alay. Badannya dekil item, tatonya banyak di tangan, matanya moker kaya abis mabok, rambut gondrong dan ditutupin topi udah gitu agak-agak kecium bau minuman dari mulutnya.

Dia persis duduk di depan gua dan nyokap. dengan suaranya yang'cemeng' khas anak preman dan alay yang kayak mabok gitu, dia mulai modusnya.

Pas baru masuk angkot yang cuma diisi 4 orang termasuk gua dan nyokap dan 2 ibu-ibu lainnya, dia mengucap salam..

"Assallammualaikum" dengan suara maboknya yang ga enak didenger itu.

Liat penampilannya yang 'mengerikan; itu, ga ada satupun dari penumpang yang jawab salamnya. Hahahaha... mungkin pada jawab dalem hati kali yah, udah keburu males duluan nanggepin orang kaya gitu.

Akhirnya dia jawab sendiri salamnya,

"Walaikumsallaaaaaam...." dengan suara maboknya itu ditambah raut muka yang agak kesel.

Bener-bener ga ada satupun dari penumpang yang liat dia. Asli males banget liat tampangnya. Gua cuma takut aja nih orang bawa senjata atau semacamnya terus nekat ngerampok.

Mulailah dia, 'berpuisi' dengan caranya yang memaksa,

"Tolong ibu-ibu, bapak-bapak jangan memandang sebelah mata kepada saya" sambil melototin penumpang satu-satu sembari nadahin tangannya di depan ibu-ibu termasuk nyokap gua. Asli kurang ajar bener nih orang. Ironis, pengen diliat orang aja mesti maksa.

"Tolong dengarkan dan lihat saya. Saya tau bapak-bapak ibu-ibu orang kaya. Kekayaan itu sementara dan roda itu berputar" ucapan dia ini gua sepakat tapi tetep aja gua 'eneg' liat mukanya.

"Saya pengen kerja sebenernya, tapi gimana mau kerja kalo ga ada duit"

WTF! omongan dia ini pengen gua bantah rasanya. Kalo niat kerja mah kerja aja, ngapain sekarang musti ngemis sambil nakut-nakutin orang. Ironis bener dah.

Tetep aja masih ga ada yang nanggepin dia. Dengan raut muka yang rada kesel dia mulai nadahin tangannya untuk minta duti ke penumpang. Semua penumpang pada lambaikan tangan tanda nolak. Supaya cepet pergi nih orang, karena gua udah mulai kesel dengan tingkah lakunya, gua buru-buru kasih duit ke dia. Akhirnya dia keluar dari angkot deh... Dari awal dia masuk sampe keluar gua cuma liatin aksinya aja tanpa ekspresi

Sempet keucap dari mulut gua kata-kata ngerendahin si dekil tadi. Astagfirullah... semoga Allah terima puasa gua dan ampunin dosa gua. Amin! Sapa tau itu malaikat yang nyamar si dekil alay tadi.

Yang gokilnya dan ga abis pikir, pas gua sama nyokap pulang dengan naik nomer angkot  yang sama di daerah yang sama ,eeehhh ketemu si dekil lagi! Dia naik ke angkot yang gua sama nyokap naikin. LAGI! Wakkakakakakakak..... Kali ini penunpangnya rame.

Dari luar pas mau naik ke angkot, dia udah liatin gua. Mungkin dia mikir, "Eiitt... ketemu lagi niiih..."

Pas gua sama nyokap liat si preman alay tadi, langsung spontan ngedumel berbarengan,

"Yaaaahh...dia lagiii!" dengan nada yang agak kenceng karena kaget.

Mungkin si dekil denger kali yah, terus pas dia baru duduk di bangku deket pintu, dia langsung membuka 'puisinya' dengan kata-kata,

"Permisi bapak-bapak ibu-ibu, mungkin kalian bosan melihat saya" sambil nunjuk ke arah gua sama nyokap dengan maksud nyindir. Kurang ajar bin ngeselin tapi bisa juga dia 'ngelucu'.

Spontan gua sama nyokap senyum plus ketawa kecil. Tetep ga mau ketawa gede-gede, males si dekil jadi jumawa karena ditanggepin.Jangan kasih hati lah ke orang-orang yang kaya gitu.

'Puisi' selanjutnya dari sang preman masih dengan skrip dan skenario yang sama kaya pas pertama kali ketemu. Dalem hati gua, aaahhh...katrooo, ternyata udah ada 'skrip' nya to, kirain kreatif mau nakut-nakutin penumpang.

Gua ga tau deh yaa musti gimana dan mikir apa dengan orang-orang kaya gitu. Bangsa ustad aja kayaknya juga belom tentu bisa bikin 'bener' orang kaya gitu. Cuma, jaman sekarang makin banyak aja kayaknya orang model kaya gitu. Bikin resah orang-orang.

Setelah si dekil pergi, naik lagi pengamen muda. Alhamdulillah anak baik-baik nih. Setelah dia bawain 'hit single' nya yang beraliran khas Iwan Fals. Dengan sopan dia meminta uang ke penumpang. Kali ini lebih banyak penumpang yang kasih, ada dua sampe tiga orang. Dengan caranya yang sopan, penumpang jadi simpati sama dia. Ketimbang si dekil tadi!

Tapiiiiiiii, pas si pengamen ini turun dari angkot, sekelibat pendengaran, gua denger dia ngomong,

"Pada ngga ngerti apa?!"

GUBRAK!! eeeh dia ngedumel. Dia ngedumel gara-gara penumpang yang ngasih duit cuma dikit. Kalo kata si pengamen tadi, padahal kan gua udah buat nih lagu 7 hari 7 malem kaga makan minum dan gua kerahin seluruh hati dan pikiran gua. Bela-belain bikin nih lagu malem-malem di atas genteng ditemani bulan purnama.

Deileeeh tong! sampe ngedumel yang ngasih duit dikit.

Si dekil dan pengamen contoh anak jalanan yang, hmmmm, ga tau musti jadi perhatian siapa. Pemerintah apa semua orang? Termasuk kita.Yang pasti di jaman yang makin GILA ini, orang akan jadi lebih 'defensif' dan anti-pati dengan kondisi lingkungan yang ada.

Jadinya, makin banyak di antara kita yang mikirin dirinya sendiri. Karena 'dipaksa' oleh situasi. Dimana-mana udah ga aman,nyaman. Makin banyak rampok,pemerkosa,penipu, dan lain-lain. Jaman sekarang kayaknya kita sering ketemu sama orang yang kita liat baik,ramah,sopan,jujur,

eeehhh ga taunyaaaaaaaaaaa....

Twitter: @zulharmansyah
Facebook: Zulharmansyah Wahyu
Email: ukesedjati@yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar